BTS

Teori BTS (방탄소년단) LOVE YOURSELF 承 Her 'Serendipity' Comeback Trailer

By Laela QIptiya - September 05, 2017


Hasil gambar untuk jimin serendipity

ARMY? Masih hidupkah kalian? 
Oke, pembukaan pertanyaan gue agak horor, sehoror zombie train to busan (SKIP aja omongan gue yang ini) Gimana kabar kalian? Pasti udah pada nonton kan? BTS (방탄소년단) LOVE YOURSELF 承 Her 'Serendipity' Comeback Trailer yang nyanyi jimin ternyata. Usut punya usut sesuai rumor yang beredar dan dari tweetnya mas namjoon kemarin, serendipity ini bisa jadi bagian dari INTRO nya album LOVE YOURSELF 承 Her, padahal biasanya nih ya BTS intronya yang ngisi RAP line, but ini kenapa jadi vocal line juga ikut andil. BUTUH IQ nya mas namjoon :') Hanya BIGHIT yang bisa gini, btw I LOVE YOU BANG PD-NIM

Seketika setelah peluncuran trailer ini, pasti banyak yang search apa sih Serendipity. Gue udah familiar ama judul trailernya, karena sebelumnya emang udah ada lagu yang judulnya Serendipity, contoh nya nih di OST nya The Heirs, pecinta drama pasti tahulah ya. OKE kita back to BANGTAN. Jadi gini nih maksudnya Serendipity adalah seperti yang bisa dimaknai secara bebas yakni "ketidaksengajaan yang menyenangkan", Atau dalam pengertian bahasa inggrisnya Serendipity is the effect by which one accidentally discovers something fortunate when having conceived, especially while looking for something else entirely.

Serendipity, mungkin kata ini bagi sebagian besar dari kita mungkin tidak terlalu famiiar dengan kata ini, dan dari pengalaman yang saya alami, banyak orang (mungkin tidak terlalu banyak, tapi ada beberapa orang) yang menyakan apa sih arti Serendipity itu? dengan lancarnya saya selalu menjawab "ketidaksengajaan yang menyenangkan", tapi apakah Benar itu sebuah ketidaksengajaan?

Thread ini ingin mengajak anda mengenal dan Mempelajari Serendipity, bahwa sebenarnya kondisi ini diciptakan oleh Karakter dan Esensi diri. Bahwa Kondisi Psikologis manusia sangat berpengaruh dalam terbentuknya Kondisi yang menguntungkan dirinya.

Mempelajari bagaimana mengubah kondisi yang kita hadapi menjadi mendukung diri kita, itulah Serendipity yang ingin disampaikan disini


------
Jadi intinya serendipity itu adalah ketidaksengajaan yang indah kaya misalnya saat pada suatu hari kamu lgi mikirin seseorang eh ternyata kalian dihari itu bertemu, kan berarti kamu taksengajakan memikirkannya dan indah saat akhirnya kalian bertemu. And then ini terlihat jelas dari liriknya jimin kalau dia ingin memiliki sesuatu dan akhirnya dia dapatkan juga. "Just Let Me Love You"






Dan kalian semua ngerasa gak sih, kalian semua yang ngaku istrinya jimin bakal kalah sama KUCING :'( HAHAHA aku ikut terhura aja ya wkwkwk. And then if you know lah kucing yang di elus elus manja sama jimin itu sejenis kucing yang memiliki pola (warna bulu) yang bermacam-macam. Biasanya kita hampir tidak bisa menemukan kucing yang memiliki pola (warna bulu) jenis ini yang sama. Namanya Calico Cat

Calico Cat kebanyakan adalah perempuan. Jarang juga menemukan yang berjenis kelamin laki-laki. Tetapi jika ada,  Calico Cat laki-laki merupakan pembawa keberuntungan karena keberadaannya yang jarang ditemukan menurut Inggris dan US. Btw, nama kucingnya curry, kiwoyo sekali kamu cing. Dan kamu sangatlah beruntung dibandingkan saya :') Dan elu yang ngaku istrinya jimin, apa kabar? Wkwkwkwk






Setelah menulusuri arti makna serendipity & kucing yang sangat lucky kita coba pindah topik yuk, ke liriknya. Ini semua yang jelasin dan ngetik bukan gue, tapi salah satu admin di OA line jin_world dan gue udah ijin admin nya buat repost. Soo you must read this if you know more about the Serendipity Trailer

                                          Bedah lirik dan mv #Serendipity

❄️Bedah Lyric "serendipity"
Ini aku ngambil kata-kata yang dalam lyric tersebut aku anggap ada makna sendiri disana
🌪️Universe
Universe memilik arti yaitu alam semesta, dalam lyric "serendipity" berkali kali kata tersebut di ulang dan juga terdapat di mvnya,
🌪️Penicillium
Penicillium dalam ilmu biologi adalah jenis fungi(jamur)  yang sangat berguna bagi lingkungan alam serta produksi makanan dan obat
🌪️Calico cat


Calico cat ini adalah kucing yang mempunyai 3 warna dalam tubuhnya, kucing yang seperti ini biasanya berjenis kelamin betina, kalaupun ada yang jantan maka kucing tersebut tidak akan berumur panjang dan sangat sangat langkah.
Kenapa kucing calico cat jantan tidak berumur panjang? Karena si induk jantan kucing diliputi ketakutan yang sangat mendalam jika ada anaknya yang berbulu belang telon (tiga warna), karena jika sampai bisa menginjak masa dewasa, si Anak yang berbulu belang tiga akan menguasai wilayahnya dan membunuh dirinya dalam sebuah pertengkaran hebat, karena itu daripada kelak si anak membunuh dirinya, maka lebih baik baginya untuk membunuh si anak pada waktu masih kecil. Kucing calico dipercaya memiliki kekuatan yang istimewa atau membawa keberuntungan pada pemiliknya

🌽Bedah mv
Sama kaya pas dilirik ini aku ngembila beberapa scane yang menurutku ada makna tersendiri.
🍬Warna Kuning
Setelah kita liat mvnya warna yang sering muncul adalah warna kuning benar tidak? Ya sampe rambut jimin pun agak kuning putih gitu kan. Warna kuning memberi arti kehangatan dan rasa bahagia dan seolah ingin menimbulkan hasrat untuk bermain. Dengan kata lain warna ini juga mengandung makna optimis, semangat dan ceria.


🍬Kaktus kuning
Kaktus kuning ini yang sangat menarik perhatian ku, karena aku gapernah liat kaktus yang seperti ini akhirnya aku searching ternyata emng kaktus kuning itu gaada.
Aku punya pengertian tersendiri dari ini kaktus, kaktus adalah tumbuhan yg berduri, kita akan terluka bila kita menyentuh durinya dan warna kuning sama seperti yang sudah aku bahas sebelumnya, jadi menurut aku kaktus kuning ini memilik arti bahwa semangat atau keoptimisan yang akan menyakitkan


🍬Lukisan Edward Hopper, Rooms by the Sea, 1951.
Lukisan ini sepertinya sebuah referensi big hit dalam pembuatan mv ini. Ini aku ngambil dari oa my brother yaitu suga_world mungkin ada yang udah baca kan ya?Dalam Lukisan ini Hopper sebagai sang pelukis berusaha menggambarkan perasaan akan penantian sesuatu yang akan datang maupun perasaan lama yang mungkin kembali akan seseorang rasakan.
🍬 Buku Antoine de Saint-Exupéry, Little Prince,
Buku ini juga sepertinya  adalah referensi dari pembuatan mv tersebut. Mungkin judulnya akan seperti buku anak-anak tapi little prince merupakan bacaan yg dikategorikan untuk orang dewasa. Buku ini tentang bagaimana seseorang mengenang masa lalunya, dimana dia tau bahwa waktu itu takkan terulang lagi. Dan pencarian jati diri dan cinta.
Menurut aku cuman segini aja yang mengandung makna tersendiri, klo misalnya kalian punya scane atau lyric yang menurut kalian ada makna tersendiri bisa komen kita akan sehring²

Dari apa yang aku paparkan diatas kalian udah bisa menyimpulkan ga?? Masih bingung kan ya coba kita sambung makna Lyric dan scene di mvnya.

🐾Apakah ini ada berkaitan dengan love_yourself? Jawabannya menurut aku ADA. Dalam love_yourself itu ada cewe kan ya, aku pernah baca teori dimana gitu, dalam teori tersebut mengatakan bahwa cewek tersebut sebenarnya sisi lain dari para member. Masa iya? Aku juga yakin si tapi menurut aku ya, ini menurut aku aja si cewek disini emng bener cewek sungguhan, nah kembali ke awal seperti yang telah kita ketahui bahwa seluruh mv/musik bts bertriologi atau bersambung yang awalnya dinamika yg dialami remaja di sekolah dan berlanjut ke kenakalan remaja(fire) dan berlanjut lagi ke album wings disini kaya menjelaskan kebimbangn atau kelabilan para remaja nah yang baru yaitu di not today dan spring day menjelaskan bahwa remaja yg tadinya labil mulai mencari jati diri atau beranjak kedewasa ingat masih beranjak dan yang terakhir adalah yang love_yourself ini juga kita ketahui bahwa pada era ini mereka sudah benar-benar dewasa nyatanya disini mereka sudah merasakan cinta dan merasakan sakit hati(ingat pada teaser terakhir love_yourself semua ceweknya pada meninggalkan mereka) nah loh aku buntu 😂😂, /dah balik balik/kalian pernah denger gasi kko misalnya kita mersakan patah hati yang sangat mendalam itu menandakan kita udah mulai dewasa bukan yang masih cinta monyet ya😂😂.

 Nah skip lagi sekarang kita masuk ke kalimat yang ada pada poster love_yourself nya jimin, disitu tertulis "Aku berbohong, karena tidak ada alasan seseorang mencintaiku."nah kata berbohong berarti berhubungan dengan lagu solonya jimin yang lie, kembali aku ingat bahwa lagu lie terdapat di era wing, era wings berarti dimana dia masih labil pikirannya nah aku menghubungi ini dengan salah satu lirik dalam lagu serendipity yaitu "biarkan aku mencintaimu" nah ini berbeda dari kalimat di poster yang berbunyi "tidak ada alasan seseorang mencintaiku" dalam kalimat tersebut sepertinya sijimin pesimis nah nah ini ada hubungannya dengan warna kuning yang tadi.
Kuning =optimis
Disini karena si jimin udah mulai dewasa pikirkan dia juga berubah kan yang tadinya pesimis (erawings) ke optimis, dan kerena si jimin udah mulai optimis sekarang di udah mulai ingin mencintai dan dicintai /ea/ nah seperti kita liat kembali di mv nya saat jimin jarinya berdarah karena menyentuh kaktus kuning kalo aku hubungkan dengan mencintai dan dicintai tadi /ea/disni terlihat bahwa keoptimisan (kuning) juga akan menibulkan sakit(tertusuk duri)  nah setelah scane itu kita balik lgi kelyric setelah scane jimin tertusuk duri, disini aku baru menemukan 2 karakter jimin yang satu karakter pas era awal - ynwa dan yang satu karakter jimin yang sekarang, disini udah ga ngebahas cewek lagi ya ini ngebahas bagaimana si jimin berhubungan dengan karakter sebelumnya ini bisa terlihat pada makna Lyric yang klo di translate ke indo jadi seperti ini

"Karena kamu mencintai ku
Dan aku mencintaimu
Kamu adalah penicilliumku
Melindungi aku
Bidadari duniaku
Aku adalah calico catmu"

Disini aku mengartikan kata "aku" adalah karakter jimin yang sekarang dan "kamu karakter jimin yang sebelumnya. Dalam lyric" Kamu adalah penicilliumku" berati kalo pemaknaan aku adalah, karakter jimin sebelumnya adalah penicillium untuk karakter jimin yang sekarang, coba sekarang kita throwback ke apa itu penicillium =fungi-jamur-yang sangat bermanfaat bagi lingkungan jadi karakter jimin sebelumnya sangat bermanfaat bagi karakter jimin yang sekarang dilirik seaudah itu juga jimin bilang bahwa "dia melindungiku, bidadari duniaku".
Calico cat dalam lyric klo kita sambungi dengan 2 karakter tdi berarti si jimin sekarang adalah keistimewaan/keajaiban bagi jimin yang sebelumnya
(Calico cat =kejaiban-keistimewaan) dia membawa kejaiban kejimin yang dulu, karena telah menyelamatkan dari kelabilan (erawing, bstjap&kor)

🐥Kesimpulan
Si jimin sudah benar benar ingin dewasa dengan menghilangkan rasa pesimis dan menggantikannya dengan perasaan optimis, dia sudah mulai mau untuk dicintai dan mencintai lagi. Tapi perlu diingat bahwa semuanya tidak akan berjalan lancar buktinya jimin jarinya berdarah karena menyentuh kaktus yang berwarna kuning. Dalam kata lain bahwa si jimin udah mencintai dirinya sendiri atau love yourself 😊😊😊

🎈Ka serendipity itu ada hubungannya dengan novel dan filim?
Menurut aku si tidak karena setelah aku baca sinopsi dari film dan novel tersebut tidak ada hubungannya dan novel itu juga karya oramg Indonesia jadi tidak mungkin mengambil dari situ, mungkin aja si klo ada translate Inggris tuh novel. Jadi serendipity ini lebih mengarah pada makna serendipity tersebut 😊😊

Admin nya nulis panjang lebar, aku merasa terharu padanya. Dan buat kesimpulan kalian bisa nyimpulin sesuai pemikiran kalian, karena kita negara demokrasi jadi bebas berpikir. Soo, sampai disini aja tulisan absurd gue, terimakasih udah mampir ke blog gue. Sekitar 20% real tulisan gue, 80% semua teori dari OA line, yang gue tambahin kata kata seperlunya. Semoga bisa ngebantu kalian buat memahami hatinya BIGHIT :') Gomawo all...... See di review lain nya








credit : Trans : #jungkookbase
cr. @inluvwithnochu
#veltz
via 19970901net
Write by jin_world (Bedah Lyric "serendipity)

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Comment In Here~