Kutipan Drama Korea Thirty But Seventeen

By Laela QIptiya - September 24, 2018



Adakah kalian yang suka dengan MR.GONG?
Sebelum gue sibuk nugas, gue pengen banget nge-review drama favorit gue slot senin-selasa ini. Fyi, drama ini gak menye-menye amat dan banyak lawaknya. Buat lo yang suka drama bergenre komedi, drama ini wajib banget buat ditonton. 

Akhir akhir ini gue hanya nge-share link video tentang BTS, tat kala gue merasa harus membuat konten yang sedikit berwarna. Terakhir kali gue nulis kutipan drama why secretary kim, alhasil gak sampe selesai. Sebab, if u know gue juga gak sreg lagi dengan why secretary kim karena dramanya tidak sesuai selera, tapi emang di webtoon nya ceritanya memang begitu. *gue gak mau komentar banyak soal secretary kim, takutnya gue kena bash, padahal yang namanya selera kan gak bisa didebattin* back ke topik yang bakal gue bahas. 

Kemarin, pas banget. THIRTY BUT SEVENTEEN TAMAT SESUAI DENGAN EKSPEKTASI KU, MEREKA NIKAH. UHUYYYYYY. Selama ini gue selalu ngidam-ngidam drama korea dengan ending pemeran utama yang bersatu nikah. Dan Woo Seori dan Mr. Gong nikah genks. Yahooooo sekali Seperti biasa sebelum gue ngenalian dan ngereview drama ini, gue bakalan ngasih kalian beberapa quotes dari drama ini. Gue sering dapet kata kata faedahnya, cuman gue sekarang terlalu fokus ceritanya makanya gue lupa wkwkwkwkwk, jadi gue nyomot dari berbagai sumber. Sumber nya bakal gue share di akhir tulisan gue ini :
“Jika.... terdengar sangat menyedihkan. Mungkin karena aku tahu betapa beratnya kata itu saat menghadapi sesuatu yang sulit diterima”
“Kamu berbuat hal yang paling mengerikan. Kamu menghilang tanpa kabar” 
“Dia terus mengingatkan memori yang tidak ingin kuingat. Jadi, aku mencoba yang terbaik untuk menjauhinya. Tapi rasanya hanya dia yang tidak bisa kujauhi.” 
“Saat-saat menyakitkan yang membuat Anda merasa seperti anda mau mati akan berlalu suatu hari nanti. Meski anda mau melambatkan waktu, meski anda mulai mempercepat waktu, waktu berlalu dengan begitu saja.” 
“Aku tahu betul bahwa niat baik, tidak selalu menghasilkan hasil yang baik” 
“Meski kau mau melambatkan waktu, meski kau mau mempercepat waktu, waktu berlalu dengan begitu saja. Saat menyakitkan yang membuat berlalu dengan begitu saja. Saat-saat menyakitkan yang membuatmu merasa seperti kau mau mati akan berlalu suatu hari nanti. Suatu hari, kau tidak akan pernah mengingat kenangan yang menyakitkan yang sepertinya tidak akan pernah hilang. Waktu akan berlalu dengan sendirinya. Jika kau menghindarinya sebelum waktu berlalu, hal-hal yang penting akan hilang bersama dengan waktu. Pada saat kau menyesalinya semua sudah terlambat” – By Jennifer 
"Aku sangat paham bahwa niat baik tidak selalu membuatkan hasil yang baik. Itu sebabnya kau tidak menyadari hal yang baik. Itu sebabnya kau tidak menyadari hal yang seharusnya kau sadari. Kau mengabaikan orang lain, padahal mereka tulus meminta maaf. Kau bahkan tidak sadar bahwa dia sangat khawatir. Kau menutup perasaan dan matamu, lalu mengabaikan segalanya." 
“Kehidupan seseorang tak selalu membutuhkan hal special atau peristiwa dramatis untuk membuatnya berubah. Terkadan hal-hal kecil dan sepele bisa merubah hidup kita dengan kekuatan yang lebih kuat dari yang kita pikirkan”
"Kehidupan seseorang bisa  mendadak berubah tanpa kejadian khusus maupun dramatis. Terkadang hal yang sangat kecil dan sepele bisa mengguncang kehidupan kita dengan tekanan yang lebih kuat daripada yang kita duga"
"Bertemu orang baru adalah indah dan amat penting" 
"Seberapa hebatnya bertemu seseorang untuk kali pertama?"
"Belajar kebijaksaan untuk masa depan" 
"Jangan menilai seseorang dari penampilan mereka kesan pertama itu penting tapi dibandingkan dengan pentingnya akurasinya tidak dapat dipercaya" By Indries Shah 
"Buah jerih payahmu akan indah itu karena jerih payah adalah sumber segala kebajikan" by Abraham Lincoln 
"Tawa yang manis adalah cahaya dirumah" by William makepeace Thackeray 
"Daripada memerahi orang karena ikut campur dan bilang tidak tahu apapun tentang dirimu sedikit rasa terima kasih saja  sudah cukup baik" 
"Waktu akan terus berlalu dan harus kau lewati saat -saat menyakitkan yang membuatmu lebih baik mati semua kan berlalu jika waktunya tiba" 
"Tapi yang terjadi di masa lalu tidak bisa berubah. Jika mengingat lagi dan menyesali, aku akan terjebak sendirian." 
"Sesakit apapun sebuah kenangan, semua itu berlalu. Mau mengabaikan atau menyesalinya atau membuatnya menjadi kenangan yang tidak kau inginkan itu pilihan kita."

-maaf ya kutipannya dikit banget-
TIME TO REVIEW...

Oke kita kenalan dulu sama pemeran-pemerannya. 

Yang Se Jong as MR. GONG alias Gong Woo Jin – Manis banget kalo senyum, Paman kesayangan Yoo Chan, Alay ketika bersama Woo Seori


Gilaaak ya, pertama gue nonton dia pas episode pertama gue harus ketawa geli dulu ngeliat penampilan dia dengan rambut gondrong. Sumpah ya, ini sepertinya pelampiasan karena merasa menyesal karena telah menyebabkan kematian cinta pertamanya, Woo Seo-Ri. Jadi gini genks, gue ceritain tentang sinopsis drama ini dulu. Thirty but seventeen ini bercerita tentang Gong Woo Jin (Yang Se Jong) yang menjauh dari dunia karena ia berpikir cinta pertamanya Woo Seo Ri ( Shin Hye Sun) meninggal karena kesalahannya. Tiga belas tahun kemudian, mereka bertemu kembali setelah Seo-Ri terbangun dari koma. Meski berusia 30 tahun, mental Seo Ri masih tetap remaja 17 tahun. 



 *MR GONG VERSI RAMBUT GONDRONG*

 Jadi, pas di JPO ( Jembatan Penyebrangan Orang) *gue sebut gitu ajalah ya, soalnya ini jadi tempat jargon drama ini* Woo Jin kecil ngeliat Seo Ri kecil pake baju olahraga yang bername tag “No Su Mi” seketika itu Woo Jin kecil berpikir, “oalah jadi namanya No Su MI”. Pas ini gue gak tau mau ngakak atau mau nangis. REVIEW GUE MENGANDUNG SPOILER, HARAP JANGAN PROTES.


Suatu hari, mereka ketemu di bis. Eh si Woo Seo Ri nya nyamperin, dan Woo Jin pun kaget dan nunjukin arah dimana Seo Ri harus berhenti. Waktu itu padahal si Seo Ri jelas jelas manggil teman nya dengan nama “Sumi-ya”, dan akhirnya Woo Jin kecil pun pergi ninggalin Seo Ri dan Su Mi dan terjadilah kecelakaan yang menewaskan No Su Mi. *baru episode 1 gue udah nangis*


Untuk akting mas Se Jong gak perlu dinilai lagi, keren banget. Sepertinya mas Yang ini menjadi aktor selanjutnya yang drama wajib buat ditonton. Semoga tahun ini dapet penghargaan ya mas, aku padamu yang jelas. Mau cerita sedikit kapan gue mengenal mamas yang satu ini, jadi waktu itu gue pertama nonton dia di Temperature of love, cuman pada akhirnya gue gak tonton sampe akhir soalnya ceritanya lambat banget, kayak siput. Sumpah disitu dia kayak bad boy bad boy gitu, ganteng, kayak orang bodo amat ama penampilan, dan baru episode satu aja udah nembak ceweknya. SOO WHAT GITU LOH ?????  DAN DIA TERMASUK BEST KISSER VERSI GUE, mbak Seo Hyun Jin menang banyak btw. Gak kalah juga kok pas di thirty but seventeen, doi juga ngeluarin jurusnya pas di JPO, ya allah asli gue sedih banget pas scene ini, ternyata si Seo Ri udah suka Gong Woo Jin sejak masih remaja. Ya allah cry sejagad 


Shin Hye Sun as Woo Seori – Gemesin, lucu, kesayangan nya Mr Gong


Sebelumnya jaman jaman mbak Hye Sun di Legend of the Blue Sea, gue benci banget sama dia. Karena hidupnya ngincer Lee Min Ho terus di drama, eh jadiannya sama temen nya Lee Min Ho *gue udah lupa siapa aja nama tokohnya*. Dan pas tau dia mau ngedrama ini, wah gue excited banget karena belum pernah liat dia meranin di drama komedi-romantis dan jadi pemeran utama. Disini, gue kasian banget sama hidupnya Woo Seo Ri karena dia kudu koma selama 13 tahun, dan bangun bangun udah jadi ahjumma. Inilah alasan Woo Seo Ri manggil Gong Woo Jin dengan nama Ahjussi, karena dia merasa masih remaja alias berumur 17 tahun. LO WAJIB LIAT BETAPA LAWAKNYA MBAK HYE SUN MERANIN WOO SEORI DENGAN WAJAH KONYOLNYA YANG SEPERTI TIDAK MENERIMA KENYATAAN WKWKWKWKWK.



Selain itu, Seo Ri juga ditelantarin pamannya sama bibinya. Dan ternyata pamannya udah meninggal dulu, sumpah ya pas ini gue nangis dengan kenceng banget. Selama 13 tahun juga dia dinanti sama temennya yang dulu pengen jadi rapper, eh taunya malah jadi dokter. Namanya Kim Hyung Tae, btw doi ganteng jugak wkwkwk. 
Pada akhirnya, dia harus ngelerain Seo Ri bersama Woo Jin, karena emang sejak dahulu kala Woo Jin dan Seori udah saling mencintai tapi belum saling mengenal, bahkan Gong Woo Jin salah nama orang dan menyesal karena merasa telah menghancurkan kehidupan wanita yang dicintainya. Jadi, selama 13 tahun Woo Jin hanya murung, kayak gak ada kehidupan. Makanya kenapa di awal awal Yayang Sejong ini mukanya cemberut terus, ya karena waktu itu pola pikirnya masih merasa bersalah. Setelah ketemu Woo Seo Ri kembali akhirnya dia sadar akan kehidupan. Selain ditaksir ahjussi, Seo Ri juga ditaksir ponakanya, Yoo Chan. Ibarat sinetron Indonesia, kisahnya berjudul “Tanteku adalah cinta pertamaku”. Enaknye jadi Seo Ri ditaksir 3 cowok sekaligus, eh tapi nyantolnya ke Gong Ahjussi.




Untuk aktingnya, wah jangan ditanya juga nih. Mbak Hye Sun ini meranin dengan apik dan lucuk. Selain lucuk, gemesin nya juga dapet. Antara dirinya dengan versi remaja logatnya bisa sama pulak. Ya Allah bener bener perfect. 


Yoo Chan – Keponakan Mr Gong, Koplak people, punya 2 temen yang absurd


Selain fokus pada kisah cinta Woo Seo Ri dan Mr Gong, kisah hidup Yoo chan juga gak kalah menarik. Tiap ada Yoo Chan and the genk, gue selalu auto ketawa lah, gimana gak ketawa cobak, Yoo Chan punya temen yang mukanya udah tua banget wkwkwk, saking taunya sampe dikira bapak bapak umur 40 Tahun. Yoo Chan ini tipikal cowok yang gak mudah menyerah, pekerja keras, dan cemburuan. Gue masih inget scene dimana, Woo Seo Ri ketemu Hyung tae, dan dipeluk. Disini Mr Gong hanya melerai aja gak emosi emosi, eh si yoo Chan nya malah nyolot. Maklum masih remaja wkwk. Gue suka banget sama sifatnya yang pas nembak Seo Ri, dia hanya tenang dan tau kalo Mr Gong (Pamannya sendiri) adalah yayangnya Seo Ri, sumpah second lead yang cukup mengenaskan, dan harus ditikung sama pamannya sendiri. Pedih coy

JENNIFER – PEMBANTU TERPERFECT SEANTERO DRAMA KOREA


Belum afdol rasanya kalo gak cerita tentang Jenifer. WAGELASIH INI, pembantu pake sepatu hak tinggi, perfect, bisa bahasa inggris, pinter puitis, tapi gak punya emosi. GUE NGAKAK TERUS DONG BAWAANNYA NGELIAT TANTE JENNIFER. Ketika dia bilang “Please call me jennifer” apalagi pas dia ngeluarin jurus jurus puisinya WOY DOUBLE NGAKAK. KWKWKWKWKWKWKWK. 

Btw, tante Jennifer ini juga jadi korban kecelakaan bus bareng Woo Seori bedanya, tante ini kehilangannya suaminya, dan pas itu beliau lagi hamil. Dan karena depresi kehilangan suaminya, beliau harus keguguran dan memutuskan untuk pergi keperpustakan baca baca buku puisi, itulah kenapa tante Jennifer jago banget puitis. Endingnya, tante jadi orang normal dan punya emosi layaknya manusia pada umumnya, dia happy banget di ending, padahal selama nonton drama ini mukanya kayak WATADOS gitu wwkwkwk. Pokoknya aktingnya tante yang satu ini keren abis.


PENILAIAN GUE

PENILAIAN GUE TENTANG DRAMA 10/10 secara akting pemain keren abis, alur juga gak muluk muluk dan dramanya bikin gue gak pusing dan gak mikir, komedi dapet, romantis nya juga dapet tapi juga gak menye-menye abis. Intinya pelajaran hidup yang dapat kalian ambil dari drama ini adalah, “KALO JODOH EMANG GAK BAKAL KEMANA” nyatanya Mr Gong sama Seo Ri udah saling naksir sejak 13 tahun yang lalu, siapa tau ntar kalian juga gitu wkwkwkkwkwk. Dan menurut gue drama ini merupakan drama dengan ending terbaik selama gue nonton drama korea, sayangnya nih pas wedding scene nya di cut, tau tau ending nya bangun tidur dan kecupan di balkon kamar. TERIMA KASIH MR GONG, WOO SEORI YOO CHAN, JENNIFER DAN SEMUANYAH. BERKAT KALIAN AKU SUKA HARI SENIN...


mereka yang foto berdua, gue yang baper. DRAMA KOREA MEMANG RACUN DARI GUE SD :(


 *udah berapa kali gue puter videonya pas kissing di atap ini*



 *bangki untuk SBS, scene ini dicut. MAU NANGIS AJA AKU TU, INI NIKAHANNYA GAK NGUNDANG NGUNDANG ORANG-ORANG :(




*BONUS EPILOG DARI MR.GONG”
“KETIKA SATU PINTU TERTUTUP, PINTU LAIN TERBUKA, NAMUN TERKADANG KITA MELIHAT DAN MENYESALI PINTU TERTUTUP TERSEBUT TERLALU LAMA HINGGA KITA TIDAK MELIHAT PINTU LAIN YANG TELAH TERBUKA. FOKUSLAH PADA PINTU YANG TERBUKA, JANGAN TERPAKU PADA PINTU TERTUTUP. KEBAHAGIAAN AKAN MENEMUKANMU JIKA KAMU MENCARINYA, KEBAHAGIAAN AKAN SELALU ADA BERSAMAMU JIKA KAMU MENYADARINYA.”
*inilah alasan kenapa ada scene dimana Mr. Gong selama ini gak tau cara buka jendela di atap, eh pas ada Woo Seo Ri dia baru bisa buka, itulah namanya pelengkap, hmmmm jodoh emang gak kemana* BTW SEE DI PROJECT BERIKUTNYA, dan tunggu ulasan aku di drama lainnya. Love u guys. Berapa nilai kalian buat drama ini? Yuk, comment dibawah~~

CREDIT kutipan by aboutkoreandramaquote.blogspot.com , instagram kutipan.drama.korea dan sebagian pict dari dramabeans

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

Comment In Here~