BTS

Teori BTS (방탄소년단) 'Euphoria : Theme of LOVE YOURSELF 起 Wonder'

By Laela QIptiya - April 06, 2018


TENGAH MALAM SEKITAR PUKUL 22.00 BIGHIT MENGAGETKAN GUE DENGAN NOTIF YANG AMAT  LUAR BIASA BIKIN GUE KEJANG KEJANG MALAM *LEBAY*


Dan gue kaget dan teriak teriak (dalam hati) sendiri di kamar kos ditemani dengan laptop gue, karena sebenarnya kemarin gue berniat buat ngepost link BURN THE STAGE episode 3. Alhasil gue gak jadi ngepost di malam hari, bangke moment. After nonton video nya, adegan nya kayak familiar banget gitu. Setelah ditelusuri disosial media manapun, ternyata pembukaan adegannya sama persis waktu era jaman HYYH. Disini gue mau ikut sedikit ngejelasin mengapa mereka tetap bersikukuh kembali ke era HYYH, tapi Teori yang gue bahas ini bukan hasil dari pemikiran gue, melainkan si Ali dari twitter @BTSTEAMRP, monggo gaes buat nambah nambah ilmu Teori Bangtan. Dan mungkin teori ini sedikit ribet dan butuh pencernaan otak yang lebih mendalam ya, karena menurut gue, gue harus baca berulang-ulang dulu baru paham sama teorinya. Langsung aja kita ke teorinya.....

*SIAPIN SNACK, KOPI, Pikiran juga jangan lupa, karena teori ini membuat kita berfikir*

[BTS-WONDER]
Sebelum masuk ke Euphoria, kita bahas dulu masalah HYYH, berdasarkan apa yang gue baca, Ali ini bilang kalo HYYH adalaha kuncinya dan akan selamanya HYYH. Oke, gue jelasin dulu HYYH itu apa.  Jadi HYYH (Hwa Yang Yeon Hwa) atau “the best moment in life” itu memang asalnya dari film Cina dengan judul sama yang diperanin sama Maggie Cheung dan Tony Leung chingu. Maksud HYYH baik di konsep albumnya BTS maupun yang ada dalam film itupun sama. “Hwa” dalam karakter Cina artinya “bunga”, “yang” artinya bentuk, “yeon” artinya “tahun” dan “hwa” lain yang artinya “bersinar”. Idiom ini berarti “momen yang paling indah dan membahagiakan dalam kehidupan manusia”. BTS sendiri memaknai momen ini sebagai momen yang dialami anak muda di range usia 20-an/youth. Momen dimana manusia bisa sangat produktif, bisa mencari kebahagiannya sendiri, banyak hal yang bisa dia lakukan. Image dari album inipun konsepnya youth/pemuda. Konsep yang menunjukkan bagaimana pemuda mengalami masa2 berkelana, menjelajah, sekaligus ada rasa khawatir juga karena akan menginjak usia dewasa. Usia transisi dari anak2 menunju dewasa. Masa yang memang indah, tapi juga membuat khawatir. (credit dari leendhasinhunjae.wordpress)
Kalian perhatiin poster ini :


MAKSUDNYA APA INI?

Yang berarti Hwayangyeonhwa dimulai dari tgl 29 - 04 - 205 sampai forever (selamanya). Jadi kita semua gak akan lepas dari kata HYYH  yang berarti setiap comeback BTS akan selalu menjadi  "The Most Beautiful moment in life" dan tidak akan pernah berakhir

Selesai ke HYYH, mari kita masuk ke EUPHORIA. Di Next mv mereka yaitu euphoria , menceritakan lebih jelas soal siapa mereka untuk satu sama lain. Tentang aku pun pernah berjuang keras sendirian untuk hidup Tapi walau pun aku sendiri aku punya kamu Mereka akan membantu satu sama lain. (YOU NEVER WALK ALONE) . Gue disini nangkepnya, hidup mereka disini udah mulai bahagia, jauh dari kata kekerasan, bunuh diri-an, obat-obatan, jadi pada intinya mereka masuk ke era dimana mereka mulai bahagia karena mereka membutuhkan seseorang yang ngebantu mereka dari keterpurukan. Coba deh kalian liat MV I NEED U, RUN, PROLOGUE nya, hidup mereka penuh kesuraman kan? Apalagi yang beberapa bulan lalu yang habis dikeluarin, Love Yourself Highlight Reel ‘起’. 


JK ngebantu SUGA dari kebakaran yang ada di kamarnya (?)




AND NEXT, KITA KE JK YA. KENAPA DI 'Euphoria : Theme of LOVE YOURSELF 起 Wonder' ini Scene nya JK banyak banget?



Ali bilang bahwa kalau jungkook itu salah satu member yang ngebuat semua member BTS kembali satu. Maksudnya gimana nih? Karena, cuman jungkook yang bisa nerima masa lalunya. Dan dia yang jadi alasan BTS untuk bisa bersatu kembali. APA BUKTINYA?


Kalo diperhatiin dari semua poster Love Yourself Highlight Reel ‘起’, cuman JK yang tersenyum lebar. Sedangkan yang lainnya tampak murung. 
BALIK KE MV I NEED U , kalian akan melihat JK yang jalan sendirian dan dia duluan jalan. 


(INI SEBENARNYA GIF SIH, CUMAN AKU GATAU CARA UPLOUD GIF DI BLOG. UDAH SEARCH DI GOOGLE, NYATANYA GAGAL TERUS)

- di RUN kalian akan melihat hanya dia sendirian yang ada dibelakang.


di MV Spring day hanya dia sendiri didepan yang nyalain lilin


Disini kan konsep nya "Love Myself , love yourself", menurut analisis ALI, hanya JK yang bisa menerima masa lalunya yang ngebuat dia celaka dll, dia msih bisa nerima itu. Dan mungkin member lain ini, posternya ga senyum karna dia masih mikirin sesuatu. yang masih belum dia lupain di masa sebelumnya. 

Terus jin juga pernah bilang kan?  Bahwa dia ingin banget mutar waktu

Karena dia fikir kalau dia bisa mutar waktu nih. Semua tuh gak akan dia biarin terjadi Semua hal buruk yang mereka alami mau JIN hindari.. Tapi nyatanya dia bukan tuhan yang bisa memutar waktu. 


Tapi walaupun jin gabisa mutar waktu. Waktu sendiri yang akan bawa mereka bertemu kembali. Waktu yang akan jawab semua pertanyaan mereka. 



Akhirnya kan mereka itu bisa kembali bersama
Tapi ada suatu yang janggal (?)





"hyung,  apakah itu semuanya?  Bukannya ada lagi yang masih kamu sembunyikan? "

Ini kalimat yang bakal jelasin satu diantara mereka itu ada yang berbohong untuk kebaikan bersama
Karena cuman itu satu-satunya cara biar bisa bersama. Dan gue menebak kalo yang bilang atau yang nulis ini Taehyung buat Jin (maybe). Karena apa? Lihat aja deh, di akhir video. Jin ngevideoin mereka berenam dan naik ke atas tempat yang mana tempat itu sebelumnya, buat bunuh diri V. Dan Taehyung berpikir "kok familiar ya?" *edisi ngarang dikit*


Terus scene scene mereka ini itu kaya flashback bahwa yang lalu tuh terjadi. Namun disaat mereka sendiri tuh sebenarnya ada member lain yang bareng sama mereka maupun itu ada secara fisik atau hanya ada di pemikiran mereka. Kaya scene taehyung,  dia tau udah lakuin tindakan kriminal. 


Tapi disana ada hyungnya. Dia ingat akan hyunngnya yang ujungnya?  Dia nelfon hyung nya. Dan gue berpikir kalo hyungnya nya itu adalah RM. Gue baca di salah satu teori admin di instagram wowfaktabts (kalo gak salah) , dia nganalisisnya gini: RM & Taehyung identik dengan Pom Bensin. Inget yang di era HYYH, Tae RM itu bareng-bareng dari mulai grafity dijalanan, cewek yang lari-lari sama Taehyung sewaktu Love Yourself Highlight Reel ‘起’. Kenapa Taehyung ketangkap polisi? Karena dia membunuh ayahnya (?) (MV I NEED U). Tae butuh bantuan RM, tapi RM tidak menjawab. (HUBUNGANNYA KE MV REFLECTION SAMA STIGMA). Sewaktu bebas, Tae ngelemparin duwit ke RM (MV RUN). Yang membuat RM kesal sampai akhirnya lolipopnya jadi api. Mungkin si RM merasa bersalah dan memilih membakar dirinya di pom bensin karena tidak membantu Taehyung pada waktu itu. 

Dulu ada scene yang dari gelap menuju ke tempat yg lebih berwarna. Dan euphoria itu menunjukan warna yang menyenangkan untuk dilihat. 

silau ya mas


VCR waktu WINGS TOUR


ALI SAID :
"Kala BTS itu bakal comeback temanya lovemyself. Tema dimana sebelum kamu bisa mencintai orang.. Kamu tuh harus bisa mencintai diri kamu sendiri. Dan ujungnya kamu bisa mencintai satu sama lain. Speach RM dan lirik lagu spring day yang dia ubah saat live nyeritain ke kalian semua..  Comeback kali ini no more pain but happiness...... BTS tuh masukin cerita sehari-hari yang bisa kita dapet. Gini kaya kalian tuh punya temen ya sekelompok teman. Teman kalian itu pasti punya masalah masing-masing kan?. Makanya gunanya teman adalah ada saat duka dan suka. Tapi terkadang disaat kalian duka,  kalian ga berani. Buat ngasih tau ke teman kamu kalau kamu tuh lagi punya masalah besar. Dan dengan adanya kamu tertutup gitu..  Kamu jadi menghindar dari teman - teman. Yang buat teman kamu sendiri jauh tapi tetep temen-temen kamu tuh masih peduli dan masih mau tau kamu tuh kenapa. Makanya kamu survive dulu ke masalah kamu..  Tapi dalam hati kamu masih ada perasaan rindu. Dan merasa bersalah untuk menutupinya. Dan ujungnya bisa membuat salah paham terjadi diantara kamu dan teman kamu dan satu-satunya yang bisa jadiin kalian satu lagi cuman waktu"
 Inget waktu masa masa glitch yang lagi heboh gak? Kayaknya beberapa hari yang lalu glitch lagi heboh di twitter, gue hanya geleng geleng kepala. Dan pas banget, pas di Dance Practice RUN kalo gak salah, yang kena glitch adalah Suga. Pada akhirnya suga yang pegangan diserial ini. Pasangan Jungkook disini Suga. Kalian bisa baca glitch nya disini




NAH. NEXT KITA KE TAEHYUNG SAMA JIN
Kita sebenarnya gak tau disini posisi taehyung tuh kayanya lupa ingatan..  Muka dia tuh kaya mikir pas liat jin diatas. Yaa bisa jadi dia hilang ingatan.. Inget kan dia pernah terjun dari atas sana..


Sekiranya segini aja penjelasan dari gue. Dan ini semua pemikiran dari Ali, gue salut sama dia. Beneran. Soo georgous. Gue mengubah seperlu gue dan sepemahaman gue. Kayaknya gue bakal nemu teori yang lain, dan insyallah kalo ada waktu bakalan gue share. Gue gak pinter pinter amat bikin teori, gue hanya ngeshare apa yang gue baca dan apa yang gue pahami. Mungkin teman teman ada mau menambahkan? Silahkan komen di bawah ya dan untuk beberapa hari ini kayaknya kita bakalan gak bisa tidur, karena BANGTAN akhir akhir ini mungkin bakal ngasih kejutan. HOHOHO. Gamsahamnida udah mampir baca ini, dan terimakasih juga buat Ali dan admin di wowfaktabts. Hehe. DAN TERIMAKASIH BUAT BIGHIT YANG UDAH BIKIN GUE PUSING MIKIR TEORI KALIAN, ASLI YA TEORI INI LEBIH SULIT DARI MATKUL FILSAFAT GUE. WKWK.

DITATAP COGAN NAN TAMPAN. HATIKU BERDEGUP KENCANG




URI SWAGGIE

KAMU KOK GEMESIN SIH YANG

NAMJOON HABIS MAKAN APA YA BTW. TAPI INI LUCUK, AKU SUKA AKU SUKA WKWKWK


KAMU NGAPAIN SIH. LMAO WKWKWKWKK


-APAKAH BAKALAN BERLANJUT?-
TO BE CONTINUED




  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Comment In Here~